jump to navigation

BlankOn 2, Konde: Linux Ternyaman yang Pernah Aku Coba 21 December 2007

Posted by Mardies in Iseng, Komputer, Linux.
Tags: , , , , , ,
trackback

Horee! Hari ini aku punya Linux baru! *sambil loncat-loncat*

Ceritanya, tadi malam aku niatin download Blankon 2 yang berkode Konde (nama yang aneh). Pake koneksi Jardiknas yang lumayan cepet (30-55 KBps). Paginya, sambil ngantuk-ngantuk dan ketiduran :) BlankOn tadi berhasil diinstal.

Instalasinya pun mudah. Maksudnya nggak memberatkan sistem. Kalo Ubuntu (yang biasa, bukan versi alternate) membutuhkan RAM lebih dari 300 MHz cuma buat menjalankan live CD-nya. Notebookku mana bisa diinstal yang begituan? RAM-nya aja cuma 256 MB dipotong VGA 32 MB. Kasiaan deh aku.

BlankOn yang aku instal ini adalah turunan Ubuntu 7.10, Gutsy Gibbon versi alternate. Versi alternate ini penginstalannya berbasis teks. Tapi nggak usah takut, meski berbasis teks instalasinya sangat mudah. Sebab dipandu dengan bahasa Indonesia. Kelebihan utamanya, komputer nggak butuh spesifikasi yang lumayan tinggi.

Setelah terinstal, timbullah rasa puas yang luar biasa. Tampilannya hampir semuanya pake Bahasa Indonesia. Sudah bisa muter MP3 dan DVD. Inilah salah satu perbedaan dengan Ubuntu. Intinya, cocok banget buat pemula.

Trus aku mulai mengkonfigurasi LAN (Local Area Network) dan WLAN (Wireless LAN). LAN aku buat nyambung sama koneksi Jardiknas. WLAN aku buat nyambung sama hotspot Speedy PAS FM Pati (101 MHz). Hebatnya, ternyata WLAN-nya nggak perlu dikonfigurasi. Nggak perlu ngisi nomor-nomor tapi nomornya udah masuk sendiri. Padahal itu hotspot nggak disetting DHCP.

Setelah itu ngatur tampilan. Disesuaikan sama tampilan Windows. Biar enak makenya.

Akhirnya, berikut link-link yang berkaitan dengan BlankOn 2, Konde:

Situs web resmi Blankon.
Kalo mau download, ini daftar mirrornya.
Klik untuk download langsung dari UGM, Yogyakarta.

NB: Tolong jangan dikomentari kalo tulisan ini terlalu basbang (basi banget). Soalnya Mardies juga masih belajar. Hehehe…

Comments»

1. Hanster - 22 December 2007

Weeee…
Selamat ya…..

Minta Kopian CDnya dong..

2. sabix - 1 January 2008

wah.. selamat yah..
kapan2 tampilannya gak usah disesuaikan dg window$.

BTW 30-55 KBps udah bukan lumayan lagi dunk…
itu kira2 setara dg 240-440 Kbps

3. Masako - 29 January 2008

iya blankon2 ini keren euy, malah menurut saya ini jauh lebih bagus dr ubuntu. Bayangkan sekali install kita udah ga usah repot2 lagi install codec ini-itu, tinggal install beberapa yg ketinggalan seperti flash plug-in, nvu, xmms, dll dr dvd repo. Pokoknya gw dukung terus deh proyek ini.

4. vry - 22 September 2008

masa’ sehebat itu,neh aq lg bingung ga bsa konek ke speedy tlong dung yang bisa…


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

