jump to navigation

Sukses! Acara Bongkar Pasang Komputer TKJ Pati 8 March 2008

Posted by Mardies in d3 tkj, Foto, Komputer.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

Jum’at kemarin anak-anak mahasiswa TKJ Pati mengadakan pelatihan komputer perdana. Acara ini mandiri dari usaha kami sendiri. Seharusnya pelatihan ini akan diadakan di ICT Center. Tapi karena belum jelas apakah diperbolehkan memakai tempat atau tidak, kami memilih tempat di kantor Panwasda yang sedang kosong (thanks buat Yusuf). Maksudnya, kalau di ICT Center kan fasilitasnya lebih lengkap.

Materi yang diberikan tentang pengenalan hardware, merakit komputer, instalasi windows dan penembakan masalah (maksudnya trouble shooting). Bahan-bahan praktek disumbang oleh para peserta. Tutor pun juga dari peserta. Jadi lebih akrab dan lebih bisa masuk ilmunya.

Sambutan peserta sangat antusias. Selama acara berlangsung, berbagai pertanyaan meluncur silih berganti. Pokoknya rasa ingin taunya dipuas-puaskan. Maklum, masih banyak yang belum begitu paham tentang seluk-beluk komputer.

Acara dimulai pukul 08.45 pagi. Dimulai dari pengenalan hardware dan tanya jawab. Kemudian dilanjutkan dengan praktek bongkar pasang komputer. Praktek bongkar pasang ini dilakukan per kelompok. Jumlah komputer yang cuma empat buah dirasa kurang bagi 25 peserta yang hadir. Maklum, acara ini memang benar-benar ngirit, bahkan tanpa anggaran.

Bongkar pasang komputer

Para peserta dibagi dalam beberapa kelompok

Sehabis istirahat Jum’atan atau sekitar jam 14.00 pelatihan dilanjutkan dengan materi instalasi Windows. Setelah itu ada sharing pengalaman antar peserta dan trouble shooting. Di akhir acara, peserta bermusyawarah tentang follow up kegiatan ini.

Akhirnya: Selamat buat anak-anak TKJ Pati! Kalian memang hebat!

Berikut beberapa komentar para peserta:

Enik: Bagus n bermanfaat bangeet buat aku khususnya. Kalo bisa sering-sering aja coz aku kan belom banget pengalaman bout ini (komputer). Lebih baik materinya dijadwal biar gak bingung + gak kakean materi. Ntar kalo dicampur aduk jadinya mumet malah gak mudeng. Tapi asal tau aja, aku mendingan dijelasin seperti ini daripada dengar penjelasan dari dosen. Thanks ya buat yang udah bantu aku. TOP BGT

Pras: Menurut kulo acara niki nggih sae sanget. Soale selain saget nambah ilmu nggih saget kalih nambah keakraban.

Aripin: Yo piye yo? Tambah sih, nanging yo mung tambah sedikit. Tetapi yang saya garis bawahi di sini adalah kekompakan. dan itulah yang aku salutkan. Semoga kekompakan ini tetap abadi, karena kita semua adalah PREN nganti tekan SOK MBEN

Erwan: Lumayan bagus. Bisa nambah-nambah ilmu, sekaligus bisa kumpul-kumpul bareng. Tapi sayangnya tidak semua anak TKJ Pati bisa kumpul bareng. Selain itu, alat praktek yang masih terbatas. Tapi gimana lagi, emang ini usaha kami sendiri. Semoga ini bisa berlanjut lagi seterusnya. Amien…

Evi NA: Aku juga masih belum mudeng banyak sih… Tapi.. lumayan tambah pengetahuan and memang bermanfaat soalnya aku jadi tau tentang komputer. Oh ya, tolong sering-sering aja.. tentang praktek ini..
Em.. tapi very good buanget kok. Thanks n’ moga aja gak pernah bosen-bosen cari ilmu. Okay?
Makanya tambah-tambah pengetahuan
Cari di internet… kek
Tanya teman.. kek
etc… kek
atau mungkin tanya kakek-kakek. Hehehe..

Fera: Wah, pekoke… eh, pokoke aku tambah pinter. Coba tanya ma aku soal motherboard, aku sudah tau. Walo pertanyaan sulit akan kulempar pada Mardies dan Pak Luluk. Hahaha… Halah, pokoknya aku senang, aku tambah pintar dan aku menantikan acara ini lagi. Doakan semoga ilmu yang kudapat hari ini tidak nglotok dari otakku, ya…

Eve Ch: Menurut aku ada kegiatan seperti ini sangat bagus dan sangat mendukung. Karena bagi teman-teman yang gak ngerti tentang masalah ini (hardware) dapat sharing ama temen yang tau tentang hardware. Selain itu juga mempererat tali persaudaraan dan saling berbagi.

Yusuf: Very best of TKJ.

Jo_wae: Acara ini sangat bagus (menambah, memperjelas pemahaman komputer). Acara ini perlu dilakukan dengan rutin.

Sae Ngendiko: Sinau niku nggis saking guru ing pamulangan, saking buku lan saking pengalaman saking diri pribadi, soho rencang-rencang. Mekaten dhawuhipun. Milo sharing pengetahuan sesami mahasiswa niku penting sanget. Nuwun…

Rully: Acara ini bagus, harap terus berlanjut

Nandar: Aku berkata siang hari ini. Ya gimana.. gitu. Ya gak mudeng mau tanya gimana. Ya.. gitu deh.

Efendi: Acara ini aku sangat suka karena dengan acara ini kita dapat tambahan ilmu. Kita sebagai mahasiswa kan harus aktif. Tidak hanya mengandalkan mata kuliah saja, tetapi kita harus belajar dari pengalaman.

Haryanto: Acara ini sangat bagus. Dengan acara ini kita-kita yang belum jelah mengenai komputer khususnya hardware dapat mengerti walaupun sedikit. dan acara ini perlu diadakan kembali.

Sholikin: Lain kali dikoordinir yang lebih akurat. Jangan semrawur! Tapi OK!

Catur: Alhamdulillah aku dapat ilmu lagi. Tapi mungkin nanti ada pertemuan lagi ya lebih baik malah. Temen-temen, tolong nanti diajari cara partisi, terus cara sambung internet (melalui jaringan, dial up, dll). Tapi jujur penjelasannya lebih enak daripada dosen STIMIK AKI.

Elfrida: Pokoke TOP abis. Kalo bisa, kapan-kapan diadain lagi yaw!!! Tapi kalo bisa ditambah snack, OK!!! Coz kan biar lebih semangat gitu loooh!!! God Bless You All

Nietha: It’s very good. Aku seneng banget ada kegiatan seperti ini coz positif bangetzz.. yang terpenting di sini aku dapetin banyak experience. Problem-problem tentang komputer yang sebelume aku belum tau jadi ada solusi di sini. Aku harap kegiatan ini gak cuma berhenti di session 1, 2, 3. Tapi kalo bisa sampai kita teman seperjuangan isa bener-bener isa. Benere aku pribadi aku pribadi gak begitu mudeng ma makul di kampus. Masa kuliahe tentang komputer kok cuma jago di Matematika & English. Dengan kegiatan ini aku jadi tau gak cuma materi mumet tapi juga prakteke. Aku isa free tanya-tanya ma mas-mase sing lebih tau. Thanks a lot.

Comments»

1. Sawali Tuhusetya - 8 March 2008

mas mardies, habis pengenalan hardware dan install, langsung ajak mereka untuk “go-blog”. btw, ada anggarannya ndak ya? hiks.

2. devari bali - 8 March 2008

hhehe iya tuh, langsung sebarkan virus ngeblog ;)

3. cempluk - 9 March 2008

sukses euy acaranya..selamat y..

4. hanggadamai - 9 March 2008

kayanya seru banget ya..

5. Elfrida - 9 March 2008

Top postingane Mas Mardies. Sesuai ma harapan kita2.
@pak Sawali, acara ini kagak ada anggarannya, makan’e sebagian besar pada kelaparan, cz cuma makan kacang atom doank, itupun karena ada dermawan yang mau bawa. He he he
GBU

6. gempur - 9 March 2008

wah salut abis buat mas mardie.. meski dalam keadaan seadanya jalan juga acaranya.. hebad mas! salut pol!

7. nengbiker - 10 March 2008

anu.. itu.. bahasa jawanya tolong ditranslate dunk.
jadi ngga ngeh :D

8. quelopi - 10 March 2008

wah asik nih…. dikampus gw kebetulan nggak ada

9. sluman slumun slamet - 10 March 2008

sepakat sama om sawali ajah…

10. iwan - 10 March 2008

Teman2 ku

Pada Printer Canon Inkjet Type i250, i255, i320, i350, i355, PIXMA ip1000, ip1500 dan sekelasnya, Jumlah pencetakannya akan selalu diakumulasikan hingga batas tertentu. Dan bila sudah mencapai batas yang ditetapkan, maka akan Overload dengan ditandai lampu LED menyala secara bergantian atau disebut dengan BLINKING.

Jika hal ini terjadi, maka Mau tidak mau printer harus dibawa ke service center Canon. Hal ini tidak masalah jika rumah kita Dekat atau satu kota. Lalu bagaimana jika Rumah Kita Di Luar Kota atau bahkan di Luar Pulau?????

Solusinya anda HARUS MEMILIKI SENDIRI software CANON RESETTER

untuk itu silakan donwload GRATIS http://indoresetter.blogspot.com

Berikut ini keluhan-keluhan yang bisa diatasi dengan Canon Repair Utility :

Saya sudah memakai sampai 8 printer, baru beli belum ada 6 bulan sudah error, sama errornya (waste ink full). Bagaimana cara mengatasinya?

Saya pakai ip 1000 malah belum 1 bulan udah error (blinking). Bagaimana mengatasinya?

Saya Punya Printer S200 SPX Mati Total, Tapi Head Catridnya masih bagus. Bagaimana Cara mengatasinya???

Dan banyak permasalahan lainnya yang SANGAT SERING terjadi pada Printer Canon
Inilah solusi yang sudah dibuktikan banyak orang. Gunakan CANON RESETTER. Produk ini merupakan kompilasi beberapa tool resetter yang dilengkapi dengan petunjuk penggunaan step by step yang mudah diikuti. Di dalamnya juga dapat Anda temukan trik service Canon BJC 1000 sampai S200SPX yang mati total tanpa harus menggunakan timah dan solder.

11. tony - 10 March 2008

rame! selamat!

12. Mr. K - 11 March 2008

Yang praktek bongkar 4 orang, selebihnya nonton yg ngebongkar hehehe.
Pulang ke rumah udah lupa lagi caranya… :-p

13. ridu - 11 March 2008

setuju sama pak sawali :razz:

14. bedug - 12 March 2008

setuju…

15. mr.oke - 11 April 2008

dasyat…hebat. bagi teman-2 yg perlu buku rahasia…”apapun bisa kamu dapatkan hanya dengan membaca buku ini”…dijamin, udah bnyk yg membuktikanya…, sms aja ke 081914024242 oke.., salam dasyat..

16. aep - 15 April 2008

saya butuh materi buat laporan ke sekolah tentang jaringan,tapi jangan panjang-panjang,solnya itu laporan harus d luar kepala.

17. Kang Seno - 14 May 2008

Mas Mardies salam kenal. Kalo sampeyan punya job bikin WLAN ato WWAN ato backbone pake wireless bagi2 donk. Hasil instalasiku bisa dilihat (& dicoba) di STIKES Muh Gombong, disana ada internet via routerboard, videoconference & hotspot. Juga kalo mau pasang router
Cisco ato routerboard mikrotik.
Sampeyan bisa hubungi aku di kangseno@yahoo.com, aku tinggal di Semarang wae.
Ngomong2 temenku namanya Mardiono, begitu pindah ke Argentina
namanya berubah jadi Maradona.. he.. he…

18. ananda - 2 June 2008

haiiiiiiiiiii

19. wahab - 1 July 2008

siip dech buat Pati, kami di kota tegal baru awal juli akan mengandakan kuliah di ICT Center. Sukses buat semua Mhs TKJ…!!!

20. pepen - 1 March 2010

gokal tuh succes polll…………..

21. muhammad faisol - 11 September 2012

ffffff


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: