jump to navigation

Mari Berkhayal dan Menjual Khayalan 22 May 2008

Posted by Mardies in Curhat.
Tags: , , , , , , , ,
trackback

Tau Naruto, Kan? Komik dan kartun karya Masashi Kishimoto ini telah menjadi bagian dari budaya pop beberapa tahun belakangan ini. Serial Naruto mempengaruhi gaya hidup jutaan orang, menghasilkan jutaan dolar dari berbagai produk yang berkaitan dengannya. Popularitas Naruto seolah-olah mampu mengguncang dunia.

Semuanya berawal dari imajinasi Masashi Kishimoto. Pada usia 25 tahun dia meluncurkan komik Naruto pertamanya. Imajinasi ditambah teknik penceritaan yang bagus telah menjadikan Naruto meledak di pasaran.

Selain Naruto, ratusan judul manga dan anime Jepang juga membanjiri tanah air. Dengan kata lain, kita mengimpor khayalan (atau pemikiran), mereka mengekspor khayalannya. Lantas apa yang bisa kita ekspor ke Jepang? Karet? Gas alam? Ikan? TKI?

Setiap orang pasti punya pemikiran. Pemikiran itu berasal dari pergaulan sehari-hari, bacaan, tontonan, dsb. Sering ide-ide bagus melintas di kepala. Namun karena sifat manusia yang kebanyakan pelupa, ide itu cepat berlalu begitu saja. Lain halnya kalau ide-ide itu kita rekam, kita tulis.

Setiap hari kita mendengar orang bercerita. Sering cerita-cerita itu ditambah bualan. Andai cerita itu kita tulis, mungkin bisa jadi sebuah cerpen. Bukankah cerita fiksi itu juga bualan? Kita punya budaya bercerita secara lisan. Alangkah baiknya kalau dikembangkan jadi budaya menulis. Tau siapa pengarang cerita Kancil Mencuri Mentimun yang terkenal itu? Kalau si pengarang menuliskan ceritanya, pasti dia bisa lebih dihormati. Bukannya sekedar ditulis anonim.

Berkhayal tidaklah susah. Mungkin kita sering melakukannya. Kalau kamu tertarik, jual khayalanmu. Jadikan dia uang dan pengaruhi orang-orang dengan pemikiran paling liarmu.

About these ads

Comments»

1. namakuananda - 23 May 2008

Tambah lagi mas,
one peace :-)

2. Heru - 23 May 2008

menghayalnya g terlalu susah, mendokumentasikannya yg agak susah, mkn perlu keahlian menulis kalee ya…

3. Kurniawan - 24 May 2008

Yang keren ya cuma The Legend of Aang… si Avatar itu lho… :mrgreen:

4. ryo - 14 June 2010

gmn cra menjual khaylan y..?
bingung nih mas…
(http://rior06.student.ipb.ac.id)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: